Saturday, January 21, 2012

Dive Report : Dive Menjangan - Secret Bay 14-15 January 2012

Dive Menjangan kali ini diikuti oleh 21 orang peserta & 2 orang driver.

Terbanyak dibandingkan yang selama ini pernah dilaksanakan oleh A2DC
Divers  : Michael,  Yacinta,  Paul,  Satriyo,  Rizal,  Lydia,  Cindy,  Martha,  Santoso,  B. Denny,  Satya Hody,  Choirul Rosul,  Albert Tandiono,  Addo.
Scuba Discovery  : Sunarto,  Emilia,  Winarta (koh Tio),  Terry,  Elvira
Snorklers  : Jeff,  Rico
Peserta Trip Menjangan Ceria... :D.

Komentar2 yang masuk di maillist A2DC :

dari Cindy (cindy_aja@yahoo.com,  Dosen Universitas Ciputra,  Surabaya)

Hello divers..
Trip awal tahun yang cukup heboh telah kita lalui dengan SUPER SUKSESSS...
Berikut ini liputan sekilas pandangan mata. Bagi rekan-rekan yang ingin  menambahkan atau komentar,  saran,  kritik positif negatif,  dimonggo  mawon.. Yang penting semua dapat berguna untuk meningkatkan kebersamaan  dan kemajuan A2DC.. Ocreeee...

Kebudhalan.
Kami 15 divers,  5 discovery,  2 baby snorkle dan 2 driver berkompol di  McDonald bunderan satelit. Tepat pk. 19.30 berangkat menuju pelabuhan  dengan 2x pitstop. Saran kali ini kedisiplinan waktu kurang maksimal. Sehingga berangkat jd telat  dan tiba di disty jd kesiangan. Cindy,  lain kali jgn diulangi ya,   harus tepat waktu (Hihihi iya,  Pak Dhe..)

dive 1 (pos 1) Ini adalah moment terindah dlm trip kali ini dimana kita menceburkan  sepeda manna mobil ke dlm laut menjangan. Para diver narsis pun segera  beraksi,  mencoba bergaya ala fotonya Ditto. Helm pun juga siap tancap.  Tapi sayangnya semuanya tidak terjadi sesuai rencana. Ternyata gowes di  laut dg segala perkakas diving membuat kepala Pak Gundul jd benjol krn  kejeduk tabungnya Martha,  kakinya Bu Kumon jd kram,  tabungnya Pak Mike  sempet lepas dll.. Tapi syukurlah dengan segala susah payah 15 divers  berhasil motret dan dipotret dengan berbagai pose dan hasilnya sangat  memuaskan. So,  next trip kita mau bawa becak untuk foto underwater  mbecak wkwkwkwkw...
Pak Deni dan Cindy, kompak selalu, di darat maupun di air, selalu saling mendukung... cieee.....

5 orang discovery lainnya jugs diving di lokasi yg berbeda dengan didampingi DM privat. 2 baby snorkle juga snorkling sendiri dg didampingi DM snorkling

Dive 2 (pos 2) Kali ini baru diving beneran. Krn cuaca tdk terlalu panas alias mendung,   diving jd sangat nyaman dan sedikit arus membuat diving jd seperti  duduk di istana boneka (gak pak mancal tp badan bisa jalan sendiri dan  mata menikmati keindahan coral)

Dive 3 Maap saya nggak ikut, monggo kpd rekan2 yg ikut utk nimbrung komentar disini

Hari ke duwa
Dive 1 ( coral garden) Waoow... Keren abeessss... Buat yg doyan foto dan difoto,  ini view terindah utk dijadikan kenangan. Taman lautnya sangat sehat.

Dive 2 (bat cave) Hohohoho... Arussnyaaaa kayak numpak sepuuurrr.. Jess..jess.. Jes... Saran utk hari kedua,  next time mungkin lebih ketat dlm hal waktu ya,   jadi divingnya nggak kesiangan.. Lagi-lagi Cindy jgn lupa pasang alarm,   jadi Pak Denny dan Pak Santoso nggak perlu bengok-bengok di depan kamar  “ciiinnn bangoooonnn” xixixixixi... Ok,  ini sedikit ceritaku,  apa ceritamu

Teman2 dipersilahkan nambain komentar dlm tulisan ini. Nantinya akan dirangkum untuk masuk dalam blog a2dc.

Dari Michael (mike_adiwinata@yahoo.com - owner Buih Dive Shop,  Surabaya)

Setelah mencoba narsis dengan ngowes sepada gak berhasil  (jengkel dan putus asa), para narsiser ngeloyor satu persatu (dengan  pikiran numpak sepeda cek angele) dan membiarkan sang sepeda - tergeletak  dipasir dan ikan-ikan sebagai saksi sambil berbisik kepada sesama ikan  “kapok koen gak berhasil ngowes sepedane, salahe dewe nyelem kok  aneh-aneh” (katanya ikan lho, bukan saya)...hahahaha
Bendera kebangsaan eh... kebanggan....
Ngepoottt....

Setelah  ngowes gak berhasil kita baru diving beneran, krn pesetanya banyak, maka  terjadilah fin nabrak kepala ato kepala yang nabrak fin..pokoknya  begitulah..seperti bubaran anak sekolah (ngerundel), tapi bagi saya  diving ini sangat seru banget, kita hrs pandai manuver supaya gak  kesampluk fin..wakakakak

Setelah dive ke 3, kita kembali ke darat, sambil  membahas kenapa ya kok susah ngowes sepeda didalam air, maka timbulah ide lebih konyol, trip mendatang kita bawa becak mini
supaya gak gampang ngulingan, dan bro Satrio yg diminta ngecek harga becak mini dikota Gersik (kasian). Pokoknya  diving awal tahun ini seruuu banget, walaupun ada kekurangan yang masih  harus kita benerin untuk trip akan datang, makasih teman-teman untuk  partisipasinya.

dari Satriyo Mahendrawan (satrioam@yahoo.com- pt HESS,  Gresik).

Salam A2DC....

Salut buat teman2 sekalian,  terima kasih atas  partisipasinya........tapi mana komen nya kok meneng2an,  masih terlena  sambelnya Sapari tah

Setuju dengan bu kumon,  kedisiplinan waktu perlu  ditingkatkan,  baik mulai berkumpul di mcD or saat kumpul di disty hari  kedua,  akibatnya kita pulang telat......Senin berangkat ngator moto sik  sepet.
Pertama tama DM asli RC memerintahkan calon DM (embuh kapan,   sing penting ada cita2) untuk memberi breifing sebelum kita beragkat ke  laut. Berterima kasih sekali karena walo yg ngasih petuah anak kemarin  sore tapi hadirin mau mendengarkan dan memperhatikan dengan saksama,   mulai pembagian pasangan hidup dilaut......kali ini ada yg bercerai  dengan buddy setianya (cukup sedih equalisasi sambil bercucuran air mata  (maskere bocor soale)......dive planing,  refreshing underwater rignal,   serta petuah dari senior Mike - SM.......  serta diakhiri dengan berdoa supaya perjalan kali ini lancar semua sesuai cita2 semua,  DIVE  SAFE katanya......
Ayo Balapannn...
Lontong lek ne balapan pak ??
Nggandol....

menimbang banyaknya peserta yg sudah lama gak njegur  laut,  kita berencana ke Pos1 yang kelihatan dasarnya biar kalo ada yg  bablas ambles sampe ke dasar ya mentok 5 meteran saja,  kenyataannya  ternyata malah banyak yang kampul2 gak iso ambles,  kalah sama  sepeda yg langsung ambles ke dasar pos1.................next dive bukan  panitia gak punya planing tetapi kita mau evaluasi dulu ke mana  pantasnya kita akan melangkah,  akhirnya diputuskan di pos2 dengan  konfigurasi dibagi 3 group : group discovery....semua didampingi DM,   group 2 dan group3 masing2 didampingi 1DM....................ada yg  menarik dari group ini.....Yacinta terlalu irit (tersisa 120 bar  sementara yg lain wis entek) - dan Addo terlalu boros...harusnya mereka  bareng kali................ada lomba irit2an napas.....tercapai 76 menit  (siso 40bar). .....ada lomba poto2an......unbelievable ada 6 under  water camera.......khusus mau mengabadikan underwater gowes.

Nudi Branch by Satriyo Mahendrawan

Enguantuk......huuuuaaahhh..... cerita selanjutnya : bro mike dg Lastri dan Sri......,  ada juga yg mimpi scubapro MK25....kasihan dan melasss. Maaf kalo alur ceritanya gak jelas maklum bukan penulis cerita fiksi. to be continued,  salam lastri..
Blue Kima :).

dari Addo (addo_chubby@yahoo.com,  Pemkot Surabaya,  Anak buah Bu Risma)

numpang testimoni dive trip kemarin,  AWESOME...... mungkin itulah kata yang dapat saya gambarkan tentang dive trip tgl 13-15 kemarin knp saya bilang mengagumkan krn ada beberapa poin dari dive kmrn yg bikin saya pribadi sempet terharu sampai bercucuran air mata *lebayyy*

1. dive trip A2DC dengan peserta terbanyak.
2.  peserta dapat kaos - I Love A2DC dari panitia (thanx pak satrio utk  kaosnya,  laen kali klo bisa sepasang ama celananya yak.....)
3.  bawa sepeda untuk nyoba konsep gowes underwater (inspirasi yg aneh tp  kocak),  alhasil yang terjadi di dalam laut bnyk kejadian2 lucu
4. ini  yang sangat penting gt- suasana kekeluargaan yang hangat dan  akrab diantara anggota A2DC meskipun berbeda umur,  latar belakang,   pengalaman,  status,  jenis kelamin,  pekerjaan,  hobi,  cita2 (kayak mo  ngelamar kerja aja) hehehe...
Nudi Branch
Rizal and Flat Worm

sekilas crita pengalaman saya pribadi tentang dive trip 14 - 15 Januari kemarin sekian  lama gk bisa nyium & minum air laut,  akhirnya saya kesampaian juga ikut  dive trip A2DC walaupun dengan perasaan deg-degan karena selepas jam  kantor langsung cabut dari kantor tanpa pamitan ijin si bos (maapin aku  ya bos,  laen kali saya ulangi deh ) dan takut ada mission imposible di detik2 terakhir dari si bos (malah curhat ) akhirnya  berangkat juga bersama rombongan menuju  pulau menjangan. Dengan diiringi doa dan nyanyian Hymne Diver dalam  hitungan 4 /4 yang menghabiskan waktu perjalanan selama 1 x 24 jam wajib  lapor RT (apaan sih) akhirnya kita sampai juga ke disthi dive centre  jam 6 pagi waktu setempat  setelah prepare dive  gear dan mental spiritual serta pengarahan dari Dive Master Mr. Satrio  dan yang paling penting Foto Keluarga A2DC (mohon di share dong potonya)  akhirnya kita berangkat juga ke pulau menjangan dengan menunggangi 5  boat

- Dive 1 (pos 1)  : sempet deg-degan juga setengah tahun lebih  gk pernah nggendong tabung di laut akhirnya nyemplung juga,   alhamdulillah pada pos 1 kita hanya sampai pada pecobaan gowes sepeda  yang diperankan aktor - aktris A2DC dan saya mulai bisa belajar  (lagi) membiasakan mengatur pernapasan dan jurus2 menyelam paling  handal (sejak kapan jadi penyelam handal

- Dive 2  (pos 2)  : ini yang paling mengerikan menurut saya,  karena setelah sekian  lama gk nyilem tiba2 kudu terjun ke spot yang ber  arus......wuuuzzz..... wuuuiiihhh... blluub..blukthuk....hoeek  (kekenyangan air oksigen) sampe oksigen boros banget,  beruntung banget  buddy saya Mr. Santoso setia mendampingi dan mengantarkan saya ke  permukaan (setelah oksigen menunjukkan tinggal 20 bar) walaupun oksigen  Pak Santoso masih sekitar 70 bar (akhirnya dia nyelem lagi)
Candy Crab, can you find it ? :).
Photo by Satriyo Mahendrawan, Olympus XZ-1.

- Dive 3  (Mangrove)  : ini spot favorit saya,  karena selain airnya relatif tenang,   banyak spot untuk foto dan melamun memandangi keindahan  ciptaan-Nya......tapi sial banget pas moment seperti ini battery kamera  saya abis (tanda-tanda saya diharuskan untuk meng-arrange ulang trip saya menuju spot ini next trip) setelah *dive ketiga selesai,  saatnya kita untuk beristirahat menuju ke Hotel Sari (beberapa ada yang menginap di mimpi). sebelum itu kita mampir dulu untuk menikmati ayam jahanam (ayam betutu) Bu Lina - kata pak denny klo makan ayam jahanam gk bisa ngunyah cuman bisa ndowe ,  sementara Pak Gundul a.k.a Pak Khoirul yang dengan PeDe-nya ambil nasi banyak  sambel - bumbu ayam betutu,  hanya bisa bermandikan kringat dan cucuran air mata caci maki.......wkwkwkwkw

puas makan ayam jahanam akhirnya kita bisa menikmati belaian kesejukan Sari (baca  : hotel sari),  begitu nyampe hotel saya langsung nempel dengan bouyancy yang sempurna diatas kasur (maaf pak mike,  pak satrio,  pak khoirul,  saya terpaksa tidak bisa menemani menemui sri lastri padahal dah janjian)
Nemo shoot by Satriyo Mahendrawan Olympus XZ-1, 1/125s, f5, ISO100, 15.27mm dual YS Strobe manual mode.

Transparent Shrimp by Satriyo Mahendrawan Olympus XZ-1, 1/125s, f4, ISO100, 16.63mm, dual YS Strobe manual mode.

Tanggal 15 Januari 2012

okay.......time   to wake up and getting preparation for 4th dive....setelah  diobrak-obrak dan dicaci maki oleh FBSL (Fans Berat Sri dan Lastri) saya  pun bangun dan kita mulai persiapan check out dan melanjutkan dive  kita,  tetapi seklias suara diseberang sana masih terdengar alunan  dengkuran yang harmonic dari para penghuninya *lirikmbakcindy*. akhirnya  setelah Pak Santoso mengeluarkan jurus2 membangunkan ikan duyung,  mbak  cindy pun bangun dan wajib mengelap sisa iler semalam . -  Dive 4 (Coral Garden) : untuk dive keempat kali ini saya sudah mulai  bisa mengendalikan hasrat saya untuk menghirup oksigen,  dan tentu lebih  beradab,  meskipun tetep masih kategori boros (jika dibandingkan mbak  yashinta) . di dive ini tidak ada halangan yang berarti.
Scorpion fish, beautifully camouflaged on white coral, photo by Albert Tandiono.

-dive  5 (Bat Cave)  : spot ini menurut saya juga  sangat mengerikan (Part II),  setelah melakukan back roll-entry saya  mencoba untuk menyeimbangkan nafas,  posisi,  jasmani,  rohani,  dan iman  saya supaya tidak terhempas ke dinding batu bat cave,  meskipun saya  sudah mencoba mengayuh ke tengah menuju rombongan pak mike,  mbak  yashinta,  pak gundul,  kayaknya koq tidak segera mendekat,  akhirnya  dengan jiwa penolongnya Eng..Ing....Eng.......maka datanglah Mr. Gundul  yang menyeret saya supaya menjauh dari dinding batu (thanx banget buat  dewa penolong saya ). waktu diseret saya sempet bilang ke pak khoirul “wes entek aku pak,  kesel kabeh”....... akhirnya  dive trip kita berakhir dan di tutup dengan makan ikan bakar bersama di  warung pak Sapari (exclude pak mike,  mas Paul & mbak yashinta) dalam  perjalanan kembali ke Surabaya,   tetapi harapan saya yang sudah membumbung tinggi tiba2 pupus dan merasa  tercabik2 ketika ada sesuatu yang hilang di warung pak Sapari.......”KEMANA PERGINYA ANAK PAK SAPARI??” (hanya bisa melamun membayangkan cerita para diver2 cabul tentang tersangka a.k.a Sapari’s Daughter)  itu sedikit cerita dari saya (crita apa mo bikin novel ya koq panjang  banget.....sampe bosen bacanya).....ya udah itu aja...ditunggu crita2  seru dari yang laen thanx to  :
1. Allah SWT  : berkat lindungannya kita bisa kembali ke Surabaya dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat
2. Panitia  : Pak Satrio,  Pak Mike,  Mbak Cindy,  dll - bener2 trip yang menyenangkan,  ditunggu ide2 gila di trip selanjutnya
3.  My Buddy - (Pak Santoso)  : thanx banget pak saya sudah didampingi,  di  bantu dan - diperhatikan. bener2 buddy yang care jadi merasa aman dan  nyaman di dekatnya (kayak rinetron)
4. Pak  Khoirul sang penyelamat  : matur thank you yo pak,  smoga jasa2mu akan  selalu dikenang di dalam sanubari (disadur dari salah satu bait hymne  Diver).....hehehehe...
Fire Dart fish by Albert Tandiono

sedikit masukan dari newbie  - mohon ditambah ide2 gilanya - lebih disiplin terhadap waktu (padahal saya sendiri waktu mo brgkt paling telat datangnya ) -  pendataan dan kepastian dari peserta trip tentang keperluan jumlah  dive yang akan diikuti harus lebih fix sehingga hal2 yang tidak  diinginkan dapat di minimalisir nb : mohon maaf jika ada kata,   kelakuan saya yang menyinggung. itu tidak terlepas dari status saya  sebagai manusia yang penuh dosa nafsu  best regards,

new diver yg boros oksigen

Ditunggu lagi di lain trip nya dilain waktu

Unknown said...

wooowww kerennn ...

kira kira kapan lagi yah ada trip ke Menjangan?saya mau ikutan dong

Diver Sableng said...

Silahkan kalau mau join mbak, hubungin saja contact person nya...